Headlines News :
Home » , » Sejarah kepemimpinan Gajah Mada

Sejarah kepemimpinan Gajah Mada

Written By Sultan Wpiritualboy on Sabtu, 13 Oktober 2012 | 07.36

Sahabatku, ada banyak sekali hal baik yang dapat kita pelajari dan kita terapkan dari mempelajari sejarah kepemimpinan Gajah Mada.

Salah satu pelajaran yang menurut saya patut diketahui dan dijalankan oleh setiap pemimpin di negeri ini, mulai dari ketua RT, RW, Kelurahan, sampai pucuk tertinggi kepemimpinan adalah lima sikap kepemimpinan Gajah Mada yang kita kenal dengan "panca titi darma".

Sikap pertama adalah "handayani hanyakra purana". Seorang pemimpin harus selalu mendorong yang muda untuk memiliki cita-cita mulia, beribadah dengan amal-karya, melangkah ke masa depan tanpa ragu-ragu apalagi sikap putus-asa.

Sikap kedua adalah "madya hanyakra pangaribawa". Seorang pemimpin ketika berada di tengah-tengah rakyatnya hendaklah mampu menjadi pembina dan perekat mereka untuk bersatu padu bersama membangun bangsa dan negara.

Sikap ketiga adalah "ngarsa hanyakra prabawa". Seorang pemimpin harus selalu tampil dimuka menjadi panutan yang tegas, dan teladan utama melalui satunya perbuatan dan tutur-kata.

Sikap keempat adalah "nir bala wikara". Seorang pemimpin harus mengedepankan musyawarah mufakat untuk penyelesaian masalah, jangan sampai rakyat menjadi korban, terluka, dan sengsara.

Sikap kelima adalah "ngarsa dana upaya". Seorang pemimpin hendaklah mau berkorban harta, tenaga, dan juga jiwa untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara
agar hidup rakyat tenang, damai, sejahtera, dan bahagia.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar